Home > Kuliah, Tips & Trik > Tips Mengerjakan Tugas Akhir

Tips Mengerjakan Tugas Akhir

Berhubung sekarang ini saya tidak ada kuliah dan hanya berkutat pada tugas akhir saja. Maka untuk postingan kali ini saya akan mengepostkan beberapa tips mengerjakan tugas akhir aka skripsi . Ya, setidaknya bisa membuat saya semangat mengerjakan tugas akhir biar cepat lulus.

1. Berdoa

Usaha dan kerja keras dalam mengerjakan tugas akhir akan lebih manjur dan berfaedah jika kita imbangi dengan dengan doa. Sebelum mengerjakan tugas akhir sebaiknya berdoa terlebih dahulu. Kita yang berusaha, Allahlah yang menentukan. Akan lebih baik lagi jika diiringi dengan beribadah misalnya : shalat Tahajjud, shalat Dhuha, dan puasa Senin Kamis. Insya Allah doa2 dan harapan kita akan terkabulkan.

2. Jangan lupa membuat backup file
Backup file dapat dilakukan dengan bermacam cara, mengeburn di dvd, backup file di komputer teman, backup di flashdisk, hardisk lain, dan diupload di web. Akan sangat bermanfaat jika suatu saat terjadi suatu hal yang tidak kita inginkan.

3. Awas Virus!
Jika teman-teman menggunakan windows pastinya sangatlah rentan akan virus oleh karena itu sebaiknya anda menggunakan antivirus. Antivirus sebaiknya menggunakan 2 antivirus, lokal dan utama. Dalam hal ini saya menggunakan PCMAV dan Karspersky. PCMAV lebih baik untuk menangkal virus yang dibuat oleh pembuat virus lokal. Fakta membuktikan antivirus PCMAV lebih handal dan cepat menangkal virus-virus lokal. Karspersky menurut saya masih terbaik dalam hal antivirus paling cepat dan database virus lebih lengkap daripada yang lain. Tentunya masih banyak antivirus luar yang bagus semisal BitDefender, Norton AV, McAffe, AVG, NOD32, dll.

4. Hanya fokus pada tugas akhir
Usahakan dalam mengerjakan tugas akhir harus fokus pada tugas akhir saja. Saya biar tidak bosan biasanya justru mengisi dengan belajar yang lain. Tapi masih dalam konteks belajar. Sebaiknya sih fokus ke tugas akhir saja.

5. Refreshing
Refreshing kalau saya sih biasanya main Facebook, dengerin lagu, nonton pilm ato tipi, maen game Xperteleven, ngaskus, dll. Menghilangkan kepenatan kita dalam mengerjakan tugas akhir. Walau pada realitanya justru kebalik. Having fun kerjaan utama sehari-hari dan justru refreshingnya mengerjakan tugas akhir sesekali aja. 😀

6. Tentukan target
Misalnya target kapan kita harus selesai tugas akhir, minggu ini harus selesai bab berapa, buku dan program harus selesai kapan, dll.

  1. lie_na
    October 27, 2009 at 2:30 AM

    tipsnya bagus banget , thx ya…

    • May 1, 2010 at 5:05 AM

      Akhirnya ada yg komen jg… pdhl udah lama gak blogging… wakakakaka… XD

  2. October 27, 2009 at 12:01 PM

    Dan satu lagi sebelum yang menurut saya penting adalah sebelum mengerjakan Tugas Akhir sebaiknya lebih banyak browsing atau membaca dan memperbanyak pengetahuan

    • May 1, 2010 at 5:06 AM

      Ya benar sekali… Itu sudah pasti wajib dilakukan sebelum mengerjakan tugas akhir… ^^

  3. October 20, 2011 at 12:42 PM

    kereen bget broo tipsnya makasih buannnyaaak 😉 ..pas bgt ma kondisiku skrg yg lgi mualleeess bgt ngerjain skripsi…nice post gan 🙂

    • November 28, 2011 at 7:44 AM

      sama2 gan… males adalah penyakit utama dalam mengerjakan skripsi…

  1. No trackbacks yet.

Leave a comment